Skip to main content

Pengantar



Luka. Luka secara fisik,  memiliki pengertian adalah sebuah kondisi kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa terjadi akibat trauma benda tumpul, beda tajam, suhu, zat kimia, ledakan, gigitan hewan, konsleting listrik dan berbagai penyebab lain. Berysukurlah saat kita masih bisa mengandalkan berbagai jenis obat kimiawi dan perlengkapan penyembuh untuk bisa menghilangkan rasa sakit luka tersebut.    

Tapi bagaimana  dengan luka yang berhubungan dengan sesuatu yang sangat ‘halus’. Dalam hal ini yang dimaksudkan pada perasaan manusia? Pada hati manusia? Apakah penggunaan antiseptik dapat menghilangkan bakteri yang merusak perasaan? Perban dapat membalut tetesan darah tak kasat mata? Jawabannya : tidak.

Justru karena keterbatasan emosional setiap diri manusia yang diciptakan oleh Allah swt. untuk menyingkapi luka yang halus tersebut, maka terciptalah berbagai fenomena. Anda hari ini bisa saja melihat seseorang sedang depresi karena tekanan teman teman sekantor, atau bisa jadi Anda melihat seseorang yang murung karena buruknya hubungan dengan keluarganya, atau mungkin di samping Anda terdapat seseorang yang sedang gugup dan bingung mempersiapkan perpisahan dengan kekasihnya.

Melupakan luka bukanlah sebuah jalan singkat atau tutorial untuk bisa menyembuhkan luka Anda, tulisan ini hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda saja mengenai kehidupan. Dan kami harapkan Anda bisa lebih bijaksana dalam menyingkapi pelbagai masalah luka yang menimpa.

Ingatlah dengan luka hati yang mendalam tidak menjadikan Anda buruk, justru Anda lebih terlihat manusiawi, Anda tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan orang lain untuk bersandar, dan membuat orang – orang di sekeliling menggunakan bagian amygdala nya untuk menghibur bahkan melindungi Anda. Inilah kehidupan. Inilah interaksi kasih sayang manusia yang tak kasat mata.

Jadi, selamat membaca dan cobalah membuka cakrawala Anda.

Parepare, 11 Maret 2018

Comments